Posted in hadits, Uncategorized

ulumul hadist

hadisUlumul Hadis adalah satu bidang ilmu yang  penting  didalam Islam. Ulumul Hadis merupakan ilmu yang membahas tentang hadis-hadis Nabi Muhammad SAW. yang bersumber dari ajaran  Islam. Fungsi Hadits itu sendiri adalah penjelas dan penafsir terhadap ayat-ayat Al-Quran yang bersifat umum.
Pembahasan tentang sanad dan matan Hadis adalah dua hal yang penting yang berkaitan langsung apabila salah satunya tidak ada maka akan berpengaruh terhadap kualitas dari suatu hadits tentang pengertian sanad dan matan hadits baik dari segi bahasa maupun istilah.
Di dalam ilmu hadits juga terdapat cabang-cabang ilmu hadits untuk  mengetahui adanya sanad dan matan hadits tersebut. dari penelitian tentang sanad dan matan Hadis terdapat penelusuran terhadap rawi yang untuk meriwayatkan beberapa hadits baik dari segi sanad maupun matan hadits.CABANG-CABANG ILMU HADITS1. ILMU RIJALIL HADITS
Ialah :

“Ilmu yang membahas tentang para perawi hadits, baik dari para sahabat, dari tabi’in, maupun dari angkatan-angkatan sesudahnya..”
Ilmu ini dipelajari dengan seksama karena hadits itu terdiri dari sanad dan matan. Maka mengetahui keadaan para perawi yang menjadi sanad.

2. ILMU JARIHIWATTA’ADIL
Ialah :“ Ilmu yang menerangkan tentang hal-hal cacat yang dihadapkan kepada para perawi dan tentang pentakdilanya (memandang adil para perawi) dengan mamakai kata-kata yang khusus dan tentang martabat-martabat kata-kata itu.”
3.    ILMU FANNAL  MUBHAMAT
Ialah:“ Ilmu untuk mengetahui  nama-nama orang yang tidak  disebut didalam matan atau didalam sanat.”
4.    ILMU TASHIF WATTAHRIF

Ialah:“ Ilmu yang menerangkan hadits-hadits yang sudah dirubah titiknya (yang dinamai mushaf) dan bentuknya yang dinamai muharraf.”

5.    ILMU ILALIL HADITS
Ialah:“ Ilmu yang menerangkan sebab–sebab yang tersembunyi, tidak nyata yang dapat merusak  hadits.”
6.    ILMU GHORIBIL HADITS
Ialah:“ Ilmu yang menerangkan makna kalimat yang terdapat dalam matan hadits yang sukar diketahui makananya dan kurang  terpakai oleh umum.”
7.    ILMU NASKH WAL MANSUKH
Ialah:“ Ilmu yang menerangkan hadits-hadits yang sudah dimansukhkan  dan yang menasikhkanya.”
8.    ILMU ASBABI WURUDIL HADITS
Ialah:“Ilmu yang menerangkan sebab-sebab nabi  menuturkan sabdanya dan masa-masa nabi menuturkan  itu.”
9.    ILMU TALFIQIL HADITS
Ialah:“ Ilmu yang membahas tentang cara mengumpulkan antara hadits-hadits yang berlawanan lahirnya.”
10.    ILMU MUSTHALAH AHLI HADITS
Ialah:“ Ilmu yang menrangkan pengertian-pengertian (istilah-istilah yang dipakai oleh ahli-ahli  hadits).”SANAD DAN MATAM  HADITS

Didalam penilaian kualitas hadits , unsur sanad dan matan adalah sangat menetukan. Oleh karenanya, yang menjadi obyek kajian dalam penelitian hadits adalah kedua unsur tersebut. Yaitu sanad dan matan.

A.    PENGERTIAN SANAD HADITS

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s